home -> Unik -> Mengenal Lebih Jauh Tradisi Ceng Beng
25 Maret 2019 19:30

Mengenal Lebih Jauh Tradisi Ceng Beng

Oleh reagan dalam Unik pada April 15, 2016

Mengenal Lebih Jauh Tradisi Ceng Beng

 

Ceng Beng merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa untuk menghormati arwah para leluhur. Tradisi ini dilakukan karena mereka(leluhur) adalah akar kehidupan, akar dari kesuksesan hidup duniawi saat ini. Jadi masyarakat Tionghoa tidak bisa begitu saja melupakan jasa dari para leluhur. Namun ternyata ada makna lain dibalik tradisi Ceng Beng ini.

Tidak hanya dirayakan untuk menghormati para leluhur, sama dengan perayaan Imlek, ternyata Ceng Beng juga dimanfaatkan oleh masyarakat Tionghoa sebagai ajang reuni keluarga. Inilah saatnya bagi masyarakat Tionghoa untuk berkumpul kembali bersama keluarga besar. Setelah itu barulah mereka bersama-sama pergi ke makam leluhur.

Sedikit cerita yang diceritakan oleh seorang masyarakat Tionghoa. Bagaimanapun juga, leluhur itu tidak bisa dilupakan begitu saja. Jadi relasi tetap harus dijaga antara masyarakat Tionghoa. itulah alasan kenapa diadakannya tradisi Ceng Beng.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira