home -> Berita -> 5 Fakta Sangar Kekuatan Militer Indonesia di Masa ...
21 Oktober 2018 17:15

5 Fakta Sangar Kekuatan Militer Indonesia di Masa Bung Karno

Oleh lensaterkini dalam Berita pada September 21, 2016

5 Fakta Sangar Kekuatan Militer Indonesia di Masa Bung Karno

Dalam banyak hal, Indonesia memang masih tertinggal jauh oleh negara luar. Tapi ada 1 hal pasti yang membuat nama Indonesia masih disegani oleh dunia yaitu militer. Berkaca pada indesk yang dibuat oleh Global Fire Power, Indonesia menempati peringkat 14 dunia saat ini. Memang peringkat ini mengalami penurunan, namun Indonesia masih unggul dari sejumlah negara seperti Israel, Korea Utara, dan Belanda. Ketika masih dipimpin oleh Presiden Soekarno, kekuatan militer Indonesia sangatlah ditakuti. Baik lini darat, laut, dan udara, Indonesia memiliki kekuatan militer yang bisa membuat lawan menjadi keringat dingin. Berikut sejumlah fakta dari kekuatan militer yang dimiliki oleh Indonesia pada masa pemerintahan Soekarno.

Saat ini, armada angkatan laut kita memang biasa-biasa saja, tapi ketika masa pemerintahan Soekarno, kekuatan angkata laut NKRI adalah salah satu yang paling mematikan di dunia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki kapal dahsyat yang dinamakan KRI Irian. Memiliki panjang sekitar 210 meter dan lebar 22 meter, KRI Irian menjadi kapal terberat saat itu dengan bobot mencapai 16.640 ton. KRI Irian dilengkapi persenjataan lengkap seperti 12 meriam masif, triple gun untuk mengatasi serangan udara, dan tabung torpedo.

Tidak hanya KRI Irian yang membuat militer Indonesia disegani dunia. Masih ada hal lain seperti pesawat tempur, pesawat pembom, kapal selam yang banyak, dan helikopter canggih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira