home -> Berita -> 7 Fakta Sejarah Bendera Pusaka Indonesia Yang Perl...
12 Desember 2018 03:12

7 Fakta Sejarah Bendera Pusaka Indonesia Yang Perlu Diluruskan

Oleh lensaterkini dalam Berita pada September 21, 2016

7 Fakta Sejarah Bendera Pusaka Indonesia Yang Perlu Diluruskan

Ketika masih duduk di bangku sekolah, kita diajarkan bahwa bendera pusaka Indonesia yakni bendera Merah Putih merupakan bendera pertama yang dijahit sendiri oleh ibu Fatmawati, istri presiden Soekarno. Meski sekarang sudah banyak orang yang lupa akan sejarah bendera Indonesia, berikut ini ada sejumlah fakta yang perlu diluruskan perihal bendera pusaka kita tersebut. Berikut ini artikel selengkapnya.

Salah satu fakta tentang bendera pusaka Indonesia adalah kain yang digunakan sebagai cikal bakal bendera pusaka merupakan pemberian dari seorang perwira Jepang. Pada bulan Oktober 1944, ibu Fatmawati didatangi oleh seorang perwira Jepang. Ibu Fatmawati yang saat itu tengah hamil tua diberikan 2 blok kain masing-masing berwarna merah dan putih. Dua blok kain merah putih itulah yang kemudian menjadi cikal bakal bendera pusaka.

Tidak hanya itu saja, masih ada 6 fakta lain seputar bendera pusaka yang harus kalian ketahui yaitu bendera pusaka dijahit sendiri oleh Ibu Fatmawati sambil menangis, perwira Jepang yang memberikan kain merah putih bernama Chairul Basri, kain bendera pusaka tidak terbuat dari kain seprai maupun kain tenda warung soto, desain bendera dibuat berdasarkan bendera Majapahit pada abad ke-13, bendera pusaka pernah dibawa ke Yogyakarta, dan pada tahun 1968, bendera yang dikibarkan di istana saat upacara kemerdekaan adalah bendera duplikat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira