home -> Berita -> 5 Rahasia Sejarah Yang Terungkap Berkat Cuaca Ekst...
20 Juli 2019 23:37

5 Rahasia Sejarah Yang Terungkap Berkat Cuaca Ekstrem

Oleh reagan dalam Berita pada November 11, 2016

5 Rahasia Sejarah Yang Terungkap Berkat Cuaca Ekstrem

Badai dan sapuan ombak menggulung termasuk fenomena cuaca ekstrem yang biasanya mendatangkan bencana. Tak jarang bangunan dan tumbuh-tumbuhan dibuatnya rata dengan tanah.Namun dalam beberapa kesempatan, cuaca ekstrem menjadi cara alam untuk mengungkap hal-hal menakjubkan yang terkubur oleh waktu. Bisa jadi reruntuhan kuno yang sempat menjadi saksi kebudayaan besar di masa lalu atau sebuah hutan purba yang berusia ribuan tahun.

Terima kasih berkat cuaca yang ekstrim, sebuah reruntuhan desa purba Skara Brae akhirnya bisa terlihat. Di tahun 1850, sebuah badai besar menghantam Orkney Isles. Di daerah pantai yang terletak di utara Skotlandia tersebut ternyata menyembunyikan puing-puing desa kuno. Dilansir BBC, Orkney Isles memiliki sebuah bukit kecil yang dikenal dengan nama Skerrabra. Gundukan berselimut rumput yang terletak di pinggir pantai ini ternyata merupakan lokasi reruntuhan desa Skara Bae yang berasal dari tahun 3200-2200 SM. Skara Brae merupakan situs prasejarah penting di Skotlandia, terdiri dari beberapa bangunan yang tersusun dari batu-batu utuh. Penemuan situs ini menarik perhatian William Watt, bangsawan lokal yang kemudian memerintahkan penggalian terhadap Skerrabra pada tahun 1868. Aktivitas penggalian terhenti hingga tahun 1925. Saat itu, badai besar kembali menghantam Skerrabra dan menghancurkan sejumlah puing yang sudah digali.

Rahasia sejarah berikutnya yang terungkap berkat bantuan cuaca ekstrim yaitu tangga hieroglif suku Maya di Dos Pilas, jejak manusia prasejarah tertua di luar Afrika, hutan purba di Cardigan Bay, dan kapal hantu Monte Carlo.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira