home -> Berita -> 4 Bukti Korupsi Sudah Ada Sejak Jaman Dulu
20 Juni 2019 08:18

4 Bukti Korupsi Sudah Ada Sejak Jaman Dulu

Oleh lensaterkini dalam Berita pada December 13, 2016

4 Bukti Korupsi Sudah Ada Sejak Jaman Dulu

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang suka dengan yang namanya korupsi. Tapi karena korupsi bisa menguntungkan diri sendiri, tidak heran banyak orang yang melakukannya. Khusus untuk di Indonesia, praktik korupsi ini termasuk kejahatan parah yang sudah sangat mengakar. Dari lapisan masyarakat bawah sampai atas, semua pasti memiliki keterlibatan dengan korupsi. Meski sekeras apapun usaha pemerintah untuk memberantas korupsi, kenyataannya adalah korupsi sangat sulit untuk diberantas. Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata praktik korupsi di Indonesia sudah ada sejak jaman dulu. Berikut ini bukti lengkapnya.

Menurut beberapa prasasti, praktik korupsi telah terjadi selama Balitung atau Mataram Kuno. Prasasti yang mencakup peristiwa besar ini bernama Kinewu ditemukan di daerah Blitar, Jawa Timur. Berdasarkan prasasti tersebut, para pejabat pajak terlibat dalam kasus koripsi. Berdasarkan prasasti, banyak pejabat pajak melakukan penipuan. Para pejabat pajak dengan sengaja melakukan kesalahan hitung untuk bisa mencuri uang rakyat. Untungnya saat itu ada penduduk yang jeli sehingga aksi korupsi ini bisa diberantas dengan cepat.

Tiga aksi korupsi lainnya yang juga terjadi di masa lalu yakni di masa kerajaan Majapahit, masa kerajaan Mataram Islam, hingga yang terakhir adalah masa sekarang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira