home -> Berita -> 4 Tembok Kuno Bersejarah Di Dunia
20 November 2018 13:17

4 Tembok Kuno Bersejarah Di Dunia

Oleh lensaterkini dalam Berita pada January 03, 2017

4 Tembok Kuno Bersejarah Di Dunia

Jika menelusuri sejarah yang ada, saat ini kita bisa menemukan banyak tembok yang dibangun pada masa lalu. Tembok tersebut ada yang masih dalam kondisi bagus, ada juga yang hanya menyisakan nama. Perlu kalian ketahui, tembok tersebuti tidak sembarangan dibangun. Ada maksud sendiri kenapa suatu negara membangun sebuah tembok. Misalnya untuk benteng pertahanan atau batas kekuasaan. Berikut ini akan kami ulas 4 tembok kuno bersejarah yang ada di dunia.

Tembok Berlin, itulah nama dari sebuah tembok kuno raksasa yang ada di Jerman. Dulu, Berlin terpecah menjadi 2 bagian yaitu Berlin Barat yang dikuasai Jerman Barat dan Berlin Timur yang ada di bawah kekuasaan Uni Soviet. Terbaginya Berlin ini banyak mendapat tentangan terutama oleh penduduk Jerman sendiri. Mereka yang tak mau hidup di bawah kekuasaan komunis menyeberang ke Barat sehingga sempat mengakibatkan jatuhnya perkembangan Jerman Timur. Untuk mencegah migrasi ini dibangunlah tembok sepanjang 155 kilometer dengan tinggi 3,6 meter pada tanggal 13 Agustus 1961 yang dikenal dengan nama Tembok Berlin lengkap dengan kawat berduri dan menara pengawas. Warga Jerman Timur saat itu benar-benar hidup terisolir. Berkat perubahan politik radikal yang mendera Uni Sovyet, kekuatan Jerman Timur kian lemah sehingga terjadilah kebijakan untuk meruntuhkan Tembok Berlin tahun 1989 dan disebut sebagai hari kebebasan warga Jerman.

Selain Tembok Berlin, tembok yang juga memiliki sejarah penting di dunia yaitu Tembok Besar Tiongkok, Tembok Ratapan, dan Tembok Troy.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira