home -> Berita -> Danau Air Tawar Ditemukan Di Bawah Lapisan Es Gree...
24 Mei 2019 12:03

Danau Air Tawar Ditemukan Di Bawah Lapisan Es Greenland

Oleh rikzanovita dalam Berita pada December 29, 2013

Danau Air Tawar Ditemukan Di Bawah Lapisan Es Greenland

Sebuah danau air tawar berukuran hampir sebesar kota new York ditemukan di bawah lapisan es Greeland di Amerika Serikat. Danau air tawar ini menjadi indikator utama dari dampak pemanasan global dan memiliki keunikannya sendiri.

Adalah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Utah di Amerika Serikat yang menemukan Danau tersebut. Danau besar ini ditemukan pada April 2011 ketika peneliti sedang mengukur kedalaman lapisan es, dimana radar yang dipakai peneliti mendeteksi adanya cairan yang berada di bawah lapisan es. Uniknya danau air tawar ini tetap cair sepanjang tahun walaupun berada di lingkunganya yang beku.

Rick Forster mengatakan bahwa hal ini merupakan temuan yang mengejutkan karena Greenland merupakan penyumbang terbesar kenaikan air laut dan fokus penelitian selanjutnya adalah mengetahui berapa kapasitas air yang ada di danau tersebut. Selanjutnya, peneliti juga meyakini bahwa danau itu bisa memperlambat kenaikan tingkat permukaan air laut akibat dari lelehan es di Greenland.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira