home -> Berita -> Kisah TNI Membantu Afghanistan Mengalahkan Uni Sov...
27 Juni 2019 13:31

Kisah TNI Membantu Afghanistan Mengalahkan Uni Soviet

Oleh lensaterkini dalam Berita pada January 24, 2017

Kisah TNI Membantu Afghanistan Mengalahkan Uni Soviet

Meskipun tugas utamanya adalah menjaga keamanan Tanah Air Indonesia, tapi bukan berarti TNI tidak bisa membantu negara lain yang mengalami kesulitan. Selain untuk mengasah kemampuan, ada alasan lain kenapa TNI mau membantu Afghanistan mengalahkan Uni Soviet. Alasan tersebut adalah kemanusian dan kepedulian.

Pada tahun 1970an, Afghanistan pernah dilanda polemik yang luar biasa. Afghanistan herus berurusan dengan Uni Soviet yang ingin menguasai Afghanistan. Namun mengusir Uni Soviet bukanlah perkara mudah. Negara komunis ini mengirimkan begitu banyak pasukan dengan perlengkapan perang yang lengkap. Kemudian mereka pun meminta bantuan ke luar negeri. Dan Indonesiapun meresponnya.

TNIlah yang langsung memberikan respon positif pada Afghanistan. Melalui LB Moerdani, kemudian terjadilah perbincangan rahasia antara beliau dengan salah satu kepala intelijen Pakistan. Pertemuan ini secara umum berisi bahasan soal bantuan logistik dan semacamnya. LB Moerdani menyetujui untuk mengirimkan bantuan kepada Afghanistan. Sebelum bantuan benar-benar diberikan, LB Moerdani melapor kepada Presiden Soeharto. Sang presiden ini pun menyetujui dan langsung menyarankan pengumpulan senjata.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira