home -> Lainnya -> 5 Manfaat Rajin Sauna
12 Desember 2018 03:10

5 Manfaat Rajin Sauna

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 07, 2017

5 Manfaat Rajin Sauna

Sauna atau mandi uap adalah kebiasaan yang dipopulerkan oleh masyarakat di negara nordik seperti Finlandia. Seseorang menjalani sauna caranya dengan menguapkan air dalam ruang tertutup sehingga meningkatkan suhu sekitar dan memicu keringat. Nah kebiasaan sauna ini sudah lama disebut bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? 

Manfaat pertama dari sauna yaitu dapat menurunkan resiko pikun. Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Eastern Finland melihat kebiasaan sauna dapat menjaga kesehatan otak. Hal ini diketahui setelah peneliti melihat data dari 2.300 responden pria yang berumur paruh baya selama 20 tahun. Dilaporkan dalam jurnal Age and Ageing, individu yang rutin sauna empat sampai tujuh kali dalam seminggu 66 persen lebih mungkin terhindar demensia (pikun) dan 65 persen lebih mungkin terhindar Alzheimer. Menurut peneliti ini terjadi kemungkinan karena lewat sauna seseorang jadi dapat lebih mengontrol tekanan darahnya.

Manfaat lainnya yaitu menurunkan resiko kardiovaskular, relaksasi, mengurangi nyeri otot, dan menyehatkan kulit.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira