home -> Berita -> Penjelasan BMKG Mengenai Fenomena Equinox
19 Oktober 2018 18:31

Penjelasan BMKG Mengenai Fenomena Equinox

Oleh reagan dalam Berita pada March 17, 2017

Penjelasan BMKG Mengenai Fenomena Equinox

Warga Indonesia belakangan ini dihebohkan dengan menyebarnya pesan yang mengatakan jika Indonesia dan beberapa negara tetangga akan mengalami fenomena equinox selama 5 hari ke depan. Dalam pesan tersebut dikatakan bahwa fenomena ini akan mengakibatkan suhu panas hingga 40 derajat celcius.

Fenomena equinox adalah fenomane melintasnya matahari tepat di garis Khatulistiwa, secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September. Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, di mana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat celcius.

Equinox bukan fenomena seperti heatwave (gelombang panas) yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama. BMKG menghimbau masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox seperti isu-isu yang berkembang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira