home -> Unik -> 10 Bahasa Daerah Indonesia Yang Paling Sering Digu...
15 Desember 2019 10:58

10 Bahasa Daerah Indonesia Yang Paling Sering Digunakan

Oleh serba_tahu dalam Unik pada March 24, 2017

10 Bahasa Daerah Indonesia Yang Paling Sering Digunakan

Karena wilayah Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar sepanjang 8.514 km dari Sabang hingga Merauke, menyebabkan perkembangan bahasa daerah di tanah air termasuk paling subur. Dari data ethnologue tercatat ada 719 bahasa daerah tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Diantaranya, ada 10 bahasa daerah yang paling sering digunakan.

Di posisi buncit ada bahasa Betawi. Bahasa Betawi adalah bahasa yang dituturkan oleh suku Betawi di wilayah teluk Jakarta. Bahasa ini merupakan anak dari bahasa Melayu. Bahasa Betawi merupakan bahasa kreol (percampuran) yang didasarkan pada bahasa Melayu Pasar ditambah unsur bahasa Sunda, Jawa, Bali, Tiongkok bagian Selatan (terutama Hokkian), Arab, dan Eropa (terutama Belanda dan Portugis). Tidak ada struktur baku dalam bahasa ini yang membedakan dengan bahasa Melayu, karena bahasa ini berkembang secara alami. Dari sensus, bahasa ini masih dipakai kurang lebih 2,7 juta jiwa.

Selanjutnya ada bahasa Bali, bahasa bahasa Aceh, bahasa Banjar, bahasa Bugis, bahasa Musi, bahasa Minangkabau, bahasa Madura, bahasa Sunda, dan bahasa Jawa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira