home -> Unik -> 5 Prinsip Kerja Orang Jepang Yang Patut Ditiru
09 Desember 2019 10:44

5 Prinsip Kerja Orang Jepang Yang Patut Ditiru

Oleh serba_tahu dalam Unik pada April 06, 2017

5 Prinsip Kerja Orang Jepang Yang Patut Ditiru

Meski kalah perang, sering diguncang gempa, dan tidak memiliki banyak sumber daya alam, negeri matahari terbit ini mampu jadi salah satu raksasa industri di Asia, bahkan dunia. Ini karena orang Jepang sudah menanamkan budaya disiplin dan etos kerja yang luar biasa sejak dini. Seandainya kita bisa menerapkan etos kerja orang Jepang dalam kehidupan sehari-hari, Indonesia pasti cepat maju. Ini dia 5 prinsip kerja orang Jepang yang patut kamu tiru.

Prinsip kerja orang Jepang yang pertama yaitu prinsip Bushido. Bushido yang mengandung arti ‘ksatria’ ini merupakan kode etik golongan samurai pada masa feodal Jepang. Seorang samurai memiliki loyalitas dan totalitas terhadap tuannya. Ia bahkan rela melakukan harakiri untuk mengembalikan kehormatan dirinya. Semangat bushido ini ternyata mengakar dalam etos kerja masyarakat Jepang. Mereka memiliki loyalitas dan pengabdian tinggi terhadap perusahaan dan bekerja dengan penuh kehormatan dan totalitas. Hal ini membuat orang Jepang cenderung loyal dan jarang berpindah-pindah perusahaan.

Selain Bushido, masih ada juga Makoto dan Ganbatte Kudasai, konsep Keishan, prinsip Kaizen, dan tidak ada pekerjaan yang remeh. Itulah prinsip kerja orang Jepang yang harus ditiru oleh orang Indonesia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira