home -> Berita -> Menguak Fakta Tentang Ritual Santhara Yang Unik
20 Juni 2019 08:33

Menguak Fakta Tentang Ritual Santhara Yang Unik

Oleh lensaterkini dalam Berita pada May 09, 2017

Menguak Fakta Tentang Ritual Santhara Yang Unik

Puasa adalah salah satu kegiatan keagamaan yang hampir dimiliki semua agama. Di India, ada ritual puasa yang dikenal dengan nama Santhara. Untuk apa Santhara ini dilakukan, apa pula manfaatnya, dan siapa saja yang bisa melakukan ritual tersebut? Mari kita korek lebih dalam mengenai ritual Santhara.

Praktek ritual Santhara ternyata merupakan salah satu ritual Jainisme. Jainisme adalah salah satu agama tertua di dunia,bertujuan untuk menaklukkan sifat syahid sesuai tatanan kehidupan manusia. Salah satu kegiatan keagamaan yang paling disorot dari Jainisme adalah ritual Santhara. Jika dalam Islam kita masih punya waktu untuk fajar dan berbuka puasa, tapi Santhara tidak tahu itu. Jika ada yang berniat melakukan ritual ini, maka dia sebelumnya diminta bersumpah. Sumpahnya adalah tentang kemampuan mereka untuk berhenti makan sampai mereka mati.

Ritual Santhara dapat dilakukan baik itu oleh orang yang sehat maupun sakit. Puasa Santhara terlama berhasil dilakukan sampai 87 hari. Karena terlalu ekstrim, ritual ini sempat dilarang oleh pemerintah India.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira