home -> Berita -> Bintang Betelgeuse, Si Raksasa Yang Sedang sekarat
22 Juli 2019 04:58

Bintang Betelgeuse, Si Raksasa Yang Sedang sekarat

Oleh gilangmaulanaid dalam Berita pada July 11, 2017

Bintang Betelgeuse, Si Raksasa Yang Sedang sekarat

Jarang terdengar, nama bintang Betelgeuse dikabarkan tengah memasuki masa sekarat. Para astronom mengamati perkembangan bintang Betelgeuse. Bintang ini terus menerus membengkak dan terus membesar. Betelgeuse diperkirakan memiliki suhu 3.500 Kelvin dengan radius 823,3 juta km. Letaknya sekitar 642,5 tahun cahaya di konstelasi Orion.

Keadaan bintang Betelgeuse saat ini terus bertambah terang karena mulai kehabisan bahan bakar nuklir (hidrogen) sebagai sumber pembakaran. Dibandingkan dengan matahari, umur Betelgeuse baru menjalani separuh hidupnya. Diperkirakan Betelgeuse sudah bermasalah dan masuk ke masa kritis sejak 10 juta tahun lalu. Nantinya bintang ini akan hancur dan nasibnya sangat dramatis menjadi sebuah supernova. Tapi kapan bintang Betelgeuse benar benar mati?

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira