home -> Unik -> Seluk Beluk Tentang Polaris, Bintang Yang Tidak Pe...
21 September 2019 20:17

Seluk Beluk Tentang Polaris, Bintang Yang Tidak Pernah Bergerak

Oleh gilangmaulanaid dalam Unik pada July 18, 2017

Seluk Beluk Tentang Polaris, Bintang Yang Tidak Pernah Bergerak

Mungkin banyak di antara kalian yang bertanya, apa sih yang dimaksud dengan polaris? Nah, polaris itu adalah sebuah bintang yang berada tepat di atas kutub utara bumi. Karena letaknya yang berada tepat di atas kutub utara, polaris ini selalu terlihat diam, tidak bergerak. Berbeda dengan bintang-bintang lain yang bergerak memutar karena rotasi bumi.

Tapi, mengapa polaris diam saja padahal bumi berevolusi dan bersama dengan matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi Bimasakti? Bukankah seharusnya Polaris berpindah-pindah tempat dan tidak diam saja? Jawabannya sederhana, bintang Polaris berjarak atau terletak terlalu jauh dari bumi kita sehingga gerakannya akibat revolusi bumi tidak mungkin dilihat dengan mata kita yang terbatas.

Jarak bumi ke polaris sudah dihitung dengan sangat telili oleh para astronom, hasilnya yang didapat adalah 434 tahun cahaya, atau sekitar 27,4 juta AU, di mana 1 AU adalah jarak dari matahari ke bumi (150 juta kilometer).

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira