home -> Unik -> Roasting Dan Manfaatnya Bagi Kopi
14 Agustus 2020 03:51

Roasting Dan Manfaatnya Bagi Kopi

Oleh serba_tahu dalam Unik pada July 25, 2017

Roasting Dan Manfaatnya Bagi Kopi

Kalian pecinta kopi pasti sudah sering mendengar yang namanya kopi roasting. Apa sih yang dimaksud dengan roasting? Apa juga manfaatnya bagi kopi? Perlu kalian tahu, proses roasting kopi bisa berguna untuk meningkatkan aroma dan rasa. Kasiat dari kopi juga semakin bertambah dengan melalui proses roasting.

Peneliti Korea telah menjelaskan pengaruh perbedaan tingkat roasting kopi berpengaruh pada kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada kopi. Pada Atikel berjudul 'Cellular Antioxidant and Anti-inflammatory Effects of Coffe Extracts with Different Roasting Levels', yang diterbitkan di Journal of Medicinal Food peneliti mengukur kadar kafein dan asam klorogenik yang ada para kopi. 

Kopi hijau (green bean) dan kopi yang dipanggang dengan tingkat Light, Medium, City dan French. Kopi yang dipakai adalah kopi Brasil dengan proses natural dari Ipanema Coffee dan dipanggang dengan mesin Hottop.  Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kafein tidak jauh berbeda diantara beberapa tingkat roasting. Ada variasi berbeda pada kadar asam klorogenik dalam tiap tahapan roasting. Kadar berbeda juga berkaitan dengan perbedaan aktivitas antioksidan dan anti inflamasi. Jika ekstrak dari kopi dengan tingkat roasting berbeda, diujikan pada model sel manusia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira