home -> Unik -> Jangan Lewatkan Hujan Meteor Leonid Malam Ini
22 Oktober 2021 00:56

Jangan Lewatkan Hujan Meteor Leonid Malam Ini

Oleh serba_tahu dalam Unik pada November 17, 2017

Jangan Lewatkan Hujan Meteor Leonid Malam Ini

Puncak hujan meteor Leonid masih bisa dinikmati pada Jumat malam hingga dini hari nanti. Hujan meteor tahunan yang muncul dari rasi Leo ini merupakan salah satu hujan meteor yang punya keunikan. Hujan meteor Leonid merupakan salah satu hujan meteor dengan kecepatan yang tinggi. dengan kecepatan hampir 72 kilometer per detik atau 295.200 kilometer per jam.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan, puncak hujan meteor ini bisa disaksikan pada Jumat malam 17 November sampai Sabtu dinihari 18 November 2017. Puncak hujan meteor Leonid terjadi tiap tahun sekitar 18 November. Pada waktu itu Bumi melintasi ekor debu yang ditinggalkan Komet 55P atau dikenal Komet Tempel-Tuttle.

Komet ini melintasi Bumi tiap 33 tahun. Pada tiap kurun waktu tersebut akan tersaji Badai Leonid yang langka dan memesona. Komet ini memuntahkan debu yang menghasilkan badai dahsyat. Tiap sekitar 33 tahun, jumlah meteor yang terbakar di atmosfer Bumi bisa mencapai ribuan. Sementara tiap tahun, debu dari sisa lintasan komet ini terbakar saat melewati atmosfer Bumi, dan menciptakan cahaya Leonid.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira