home -> Unik -> Ternyata Tikus Suka Makan Sabun
19 April 2019 19:29

Ternyata Tikus Suka Makan Sabun

Oleh reagan dalam Unik pada January 11, 2018

Ternyata Tikus Suka Makan Sabun

Tikus adalah hewan yang termasuk dalam kategori hama. Keberadaannya bisa membuat kerusakan dan mengganggu manusia. Mungkin kalian akan terkejut mendengar hal ini, tikus bisa memakan apa saja, termasuk sabun. Bagaimana caranya seekor tikus bisa menelan sabun tanpa keracunan?

Tikus hanya memakan sabun mandi batang saja, karena bahan dasar pembuatan sabun adalah lemak, garam basa, dan air lalu ditambahkan zat pewarna dan pewangi. Lemak yang digunakan dalam pembuatan sabun berasal dari tumbuhan (lemak nabati) seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, atau dari hewan (minyak hewani) seperti tallow dan greaseTallow merupakan olahan lemak yang diambil dari lemak sapi atau domba. Sedangkan grease merupakan lemak hewani dengan kualitas rendah.

Lemak inilah yang sebenarnya dibutuhkan tikus sebagai makanan. Selain itu, karena tikus merupakan hewan pengerat, mereka membutuhkan sesuatu yang dapat dikerat untuk menghambat pertumbuhan giginya. Jika tidak, maka gigi tikus akan semakin panjang dan membahayakan tikus. Sabun batang menjadi pilihan, karena selain sebagai sumber makanan, juga dapat mereka kerat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira