home -> Berita -> 10 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Seja...
22 Juli 2019 04:45

10 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah

Oleh reagan dalam Berita pada January 25, 2018

10 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah

Bisa menjadi tempat wisata, bisa juga menjadi mimpi buruk manusia, itulah gunung berapi. Bila melirik sejarah masa lalu, ada sejumlah gunung berapi yang letusannya sungguh sangat dahsyat. Letusannya tidak hanya menghancurkan lingkungan, tapi juga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Berikut ini adalah 10 letusan gunung berapi terdahsyat yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Dengan ini, seharusnya kita sebagai manusia harus lebih menghargai dan menghormati alam.

Filipina memiliki sebuah gunung berapi yang bernama Gunung Pinatubo. Gunung berapi ini pernah meletus pada tahun 1991, tepatnya pada tanggal 15 Juni. Hasil letusannya yang sangat besar, membuat letusan Gunung Pinatubo masuk dalam daftar ini. Ketika erupsi, gunung ini mengeluarkan debu dan awan vulkanik yang menyebar hingga 35 km di udara. Hasil erupsi Gunung Pinatubo menghasilkan longsor dan juga melepaskan gas SO2 ke angkasa sebanyak 20 juta ton. Gas ini menyebabkan suhu udara menjadi berubah drastis.

Letusan parah juga terjadi pada Gunung Vesuvius, Gunung Huaynaputina, Gunung Nevado del Ruiz, Gunung Unzen, Ilopango, Gunung Pelée, Gunung Laki, Gunung Krakatau, dan Gunung Tambora.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira