home -> Unik -> Tips Memotret Super Blue Moon
22 November 2019 07:26

Tips Memotret Super Blue Moon

Oleh serba_tahu dalam Unik pada January 30, 2018

Tips Memotret Super Blue Moon

Tanggal 31 Januari 2018 nanti, akan ada peristiwa spesial yaitu gerhana bulan total di Indonesia. Gerhana Bulan akan dimulai pukul 18:48 WIB, Indonesia Tengah kebagian pukul 19:48 WITA, dan Indonesia Timur pada pukul 20:48 WIT.  Tentunya, fenomena ini menarik untuk penggemar fotografi mengabadikan momen langka tersebut. Berikut tips dan trik untuk memotret gerhana Supermoon ini.

Yang jelas pertama kali harus dilakukan adalah mempersiapkan segala perlengkapan memotret. Gunakan tripod yang kokoh karena kita akan mengunakan shutter speed yang relatif lambat. Untuk memotret Bulan yang besar lengkap dengan detailnya, dibutuhkan lensa telefoto yang relatif panjang, dengan jarak fokus ekuivalen 400mm atau lebih. Kamera prosumer / superzoom yang biasanya memiliki zoom lebih dari 20x juga cukup efektif untuk memotret bulan. Supaya exposure bulan tidak terlalu terang dan terlihat detail, mengunakan pengaturan spot metering biasanya akan lebih baik karena kamera akan menghitung langsung di permukaan cahaya bulan dan tidak terpengaruh dengan cahaya langit yang gelap.

Masih ada juga yang perlu dilakukan mulai dari setting kamera dan cara memfoto.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira