home -> Lainnya -> Kenapa Orang Sering Kebelet Pipis Saat Gelisah?
19 Desember 2018 16:31

Kenapa Orang Sering Kebelet Pipis Saat Gelisah?

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 08, 2018

Kenapa Orang Sering Kebelet Pipis Saat Gelisah?

Dalam situasi yang biasa, kandung kemih akan terasa rileks ketika mengisi air seni dari ginjal. Di situasi sebaliknya, otot sfingter eksternal kandung kemih tertutup rapat dan membuat urine tidak bisa keluar. Kandung kemih sehat bisa menampung hingga dua gelas (16 ons cairan) dari urine. Setelah kantung otot penuh, kandung kemih mengirimkan sinyal melalui tulang belakang ke otak dan mengatakan, 'Baiklah sudah penuh, saya harus pergi'.

Dokter tidak sepenuhnya yakin tentang kenapa orang cenderung merasakan panggilan alam selama gelisah, terutama karena kebutuhan untuk buang air kecil (pipis) dikendalikan banyak faktor termasuk saraf sepanjang sumsum tulang belakang, otak, dan emosi.

Salah satu gagasan adalah, ketika Anda cemas atau gugup, tubuh masuk ke mode fight or flight(sebuah mode dalam tubuh ketika berhadapan dengan ancaman). Respons tegang dan adrenalin ini dapat merangsang kebutuhan untuk meringankan diri. Hal ini dapat meningkatkan produksi urine dalam ginjal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira