home -> Lainnya -> Berbicara Sendiri Benarkan Tandanya Sehat?
22 Juni 2018 12:42

Berbicara Sendiri Benarkan Tandanya Sehat?

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 12, 2018

Berbicara Sendiri Benarkan Tandanya Sehat?

Banyak orang berpikir bicara sendiri atau self-talk terkait erat dengan gangguan jiwa seperti skizofrenia atau semacamnya. Hal tersebut tak sepenuhnya benar. James McConnell, seorang ahli biologi dan ahli psikologi hewan Amerika, mengatakan bahwa berbicara sendiri sebenarnya sehat secara psikologis. Hal serupa juga diungkapkan oleh Jill Bolte Taylor, seorang ahli saraf.

Taylor dalam bukunya yang berjudul My Stroke of Insight menyebut bahwa berbicara kepada diri sendiri dengan keras dapat membuat pikiran lebih fokus. Bahkan, cara ini bisa disebut sebagai "alat yang hebat" (untuk membuat pikiran fokus). Selain kedua ahli tersebut, para ahli lain juga punya pandangan serupa. Misalnya Gary Lupyan dan Daniel Swingley dalam laporannya di The Quarterly Journal of Experimental Psychology, menyebut bahwa berbicara dengan diri sendiri juga berfungsi sebagai pidato mandiri.

Selain membuat lebih fokus, berbicara sendiri ternyata juga bisa membuat perasaan lebih baik dan lebih terorganisir. Tapi perlu kalian ketahui juga bahwa berbicara sendiri tak semua bermanfaat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira