home -> Unik -> Hewan Yang Bisa Bereproduksi Secara Aseksual
19 Juli 2019 14:57

Hewan Yang Bisa Bereproduksi Secara Aseksual

Oleh reagan dalam Unik pada February 20, 2018

Hewan Yang Bisa Bereproduksi Secara Aseksual

Di dunia hewan, menghasilkan keturunan atau anak tanpa berhubungan sex adalah hal yang biasa. Ada istilah yang populer digunakan untuk menyebut fenomena ini, yaitu  parthenogenesis. Hewan yang termasuk dalam parthenogenesis, bisa menghasilkan keturunan tanpa bantuan pejantan. Ada banyak hewan yang memiliki kemampuan parthenogenesis, 10 di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

Tidak semua laba-laba itu kawin secara aseksual. Ada satu spesies laba-laba yang diketahui mampu berkembang biak secara aseksual, laba-laba tersebut adalah Oonopidae atau Laba-laba Goblin. Laba-lba Goblin ukurannya sangat kecil, hanya 1 sampai 3 mm. Aslinya ditemukan di Iran lalu menyebar luas di Eropa. Saat ini tidak pernah ditemukan Laba-laba Goblin betina, ini membuat para ilmuwan berasumsi bahwa laba-laba ini berkembang biak secara parthenogenesis.

Hewan lain yang termasuk parthenogenesis adalah Ular Boa Constrictor, Lebah Madu Cape, New Mexico Whiptail, cacing pipih, kalkun, Hiu Zebra, Kalajengking Walnut Gulch, kutu air, dan komodo.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira