home -> Unik -> Penyebab Orang Bertangan Kidal
19 November 2019 10:12

Penyebab Orang Bertangan Kidal

Oleh serba_tahu dalam Unik pada June 06, 2018

Penyebab Orang Bertangan Kidal

Sebanyak 10% dari total 7,6 miliar manusia di dunia adalah orang kidal. Orang kidal tidak hanya menggunakan tangan kiri mereka untuk menulis, makan, atau menyisir rambut, namun juga mengunyah di sisi kiri mulut dan melangkah lebih dulu dengan kaki kiri. Apa sih yang menyebabkan orang kidal? 

Dikutip dari Medical Daily, kecenderungan untuk lebih sering memakai salah satu sisi tangan sudah terbentuk sejak dalam kandungan, tepatnya di minggu ke-8 kehamilan. Sementara itu, kebiasaan mengisap jempol dengan salah satu sisi tangan muncul di minggu ke-13 berdasarkan pemeriksaan lewat USG. 

Sebuah tim peneliti gabungan dari Belanda, Inggris, dan China menemukan bahwa penyebab seseorang bisa menjadi kidal berasal dari saraf di sumsum tulang belakang. Temuan ini membantah teori-teori lama yang menyebut bahwa otak adalah penentu utamanya. Awalnya, banyak peneliti yang mengira korteks motorik otaklah yang mengirimkan sinyal ke sumsum tulang belakang untuk menggerakkan tangan dan kaki.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira