home -> Lainnya -> Perbedaan Antara Halusinasi dan Delusi
19 Oktober 2018 18:08

Perbedaan Antara Halusinasi dan Delusi

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 23, 2018

Perbedaan Antara Halusinasi dan Delusi

Delusi atau halusinasi terkadang dianggap memiliki arti yang sama. Hal itu karena keduanya sama-sama menyerang sistem otak sehingga seseorang dapat berpikiran suatu hal yang sebenarnya tidak nyata. Meski gejala delusi dan halusinasi dapat dibilang mirip, namun ternyata keduanya memiliki arti yang berbeda.

Dilansir dari Detik, Dr. Yuliana Ratna Wati, SpKJ menjelaskan bahwa delusi atau waham adalah sebuah gangguan pemikiran, seorang yang meyakini sesuatu yang tidak sesuai kenyataan. Sifatnya delusi sangat meyakini dan tidak bisa dibantah, dipatahkan, atau dikoreksi dengan cara apapun. Bahkan meski dipaparkan dengan data objektif seperti apapun tetap tidak bisa merubah keyakinannya.

Halusinasi adalah sebuah gangguan presepsi sensasi pada panca indera. Seseorang yang mengalami halusinasi mereka bisa mendengar suara atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira