home -> Unik -> Kenapa Cincin Kawin Dipakai Di Jari Manis?
26 Maret 2019 23:32

Kenapa Cincin Kawin Dipakai Di Jari Manis?

Oleh reagan dalam Unik pada November 16, 2018

Kenapa Cincin Kawin Dipakai Di Jari Manis?

Selama bertahun-tahun, hampir semua pasangan selalu memakai cincin kawin atau cincin nikah pada jari manis tangan kiri. Hal itu seolah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan secara turun menurun. Tapi apakah Anda mengetahui asal mula cincin kawin dipakai di jari manis tangan kiri? Dilansir dari This is Insider, sebagian besar tradisi pernikahan dapat ditelusuri kembali ke praktik keagamaan. Dan alasan orang memakai cincin kawin di jari keempat atau jari manis tangan kiri pernah menjadi hal yang paling diperdebatkan dalam waktu lama.

Pemakaian cincin kawin setidaknya telah ada sejak 6.000 tahun lalu, atau pada zaman Mesir kuno. Tetapi keputusan untuk mengenakan cincin kawin pada jari manis baru sekitar 450 tahun lalu, ketika Gereja Inggris memutuskan hubungan dengan Gereja Katolik Eropa. Gereja Inggris memilih tangan kiri karena itu kebalikan dari apa yang dilakukan oleh umat Katolik Eropa. Aturan bahwa pasangan pengantin harus memakai cincin kawin di jari tangan kiri ada dalam sebuah koleksi buku doa Gereja Anglikan sekitar tahun 1549, The Book of Common Prayer.
 
Setelah putus hubungan dengan Gereja Katolik (dikenal masa reformasi), Gereja Anglikan membutuhkan buku-buku pelayanan dan penyembahan yang berbeda dari Gereja Katolik. Sebelum Reformasi, sebagian besar Gereja Katolik meletakkan cincin kawin di tangan kanan karena berhubungan dengan kekuatan. Demikian yang ditulis konservator museum George Monger dalam Marriage Customs of the World: From Henna to Honeymoons.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira