home -> Unik -> Penemuan Abad 19 Yang Masih Digunakan Hingga Sekar...
27 Juni 2019 13:28

Penemuan Abad 19 Yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

Oleh reagan dalam Unik pada April 22, 2019

Penemuan Abad 19 Yang Masih Digunakan Hingga Sekarang

Era abad 19, atau juga dikenal sebagai era Victoria, menyimpan banyak penemuan yang bahkan kita gunakan atau konsumsi hingga sekarang. Hal ini dikarenakan orang-orang dunia barat di tahun 1800an disebut lebih kreatif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka juga terus-menerus mencoba memperluas pengetahuan mereka dan meningkatkan hajat hidup masyarakat saat itu. Berikut deretan penemuan abad 19 yang masih digunakan hingga sekarang.

Mulai dengan semen. Kita mungkin menganggap semen adalah bahan material modern. Namun semen memiliki sejarah panjang hingga di era Piramida. Di zaman dahulu, semen ditemukan dengan cara mencampurkan beton yang belum sempurna untuk membuat mortar. Dan metode ini digunakan orang Romawi untuk membangun Colosseum. Namun semen modern pertama kali muncul di AS yang diproduksi oleh Portland Cement di 1824. Di era ini barulah ada pencampuran pasir dan batu untuk menjadi beton yang kita kenal sekarang.

Semen sendiri ditemukan formulanya oleh seorang tukang batu bernama Joseph Aspdin dengan membakar bubuk kapur dan tanah liat di dapurnya sendiri. Dari eksperimen ini, dihasilkan sebuah bubuk yang mudah dicampur air. Penemuan ini lalu dijadikan untuk industri berat atau pembangunan jalan. Makin ke sini, campuran semen ini digunakan untuk membangun rumah.

Lanjut dengan cokelat, toilet flush, pasteurisasi, kereta bawah tanah, radio, dan x-ray.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira