home -> Berita -> 5 Lokasi Yang Bisa Menjadi Ibukota Baru RI
20 Juli 2019 22:51

5 Lokasi Yang Bisa Menjadi Ibukota Baru RI

Oleh reagan dalam Berita pada April 30, 2019

5 Lokasi Yang Bisa Menjadi Ibukota Baru RI

Sebelumnya, ada sejumlah kota yang pernah diajukan sebagai ibu kota. Rata-rata memang berlokasi di luar pulau Jawa. Ambil contoh Palangka Raya yang pernah digagas Presiden Soekarno sebagai lokasi ibu kota. Pulau Reklamasi pun sempat disebut sebagai potensi menjadi pusat ibukota. Hal itu sempat disampaikan Joko Widodo pada tahun 2016 silam. Mana saja lokasi yang sempat disebut sebagai lokasi ibukota baru? Berikut informasi dari lima lokasinya.

Berlokasi di Kalimantan Tengah, Lokasi: Palangka Raya adalah yang paling santer disebut sebagai lokasi ibu kota yang paling potensial Ide ini bahkan pernah muncul sejak zaman Presiden Soekarno. Pada tahun 2017, nama Palangka Raya kembali disebut sebagai calon ibu kota baru. Kota ini memiliki luas 2.400 kilometer persegi, tetapi jumlah penduduknya masih relatif sedikit.

Lanjut ke Balikpapan. Kalimantan Timur pernah mengajukan diri sebagai ibu kota baru Indonesia. Gubernur Awan Faroek menyampaikan bahwa Balikpapan memiliki lokasi strategis dan infrastruktur mumpuni untuk menjadi ibu kota baru. "Kami memiliki semua yang dibutuhkan," ujar Gubernur Awang Faroek seperti dikutip Antara pada tahun 2013. "Kami juga memiliki pelabuhan laut dan bandara yang sangat representatif," ujarnya.

Dan lokasi lainnya adalah Tanah Bumbu, Mamuju, dan Jonggol.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira