home -> Unik -> Bahaya yang Mengintai dari Tato
27 Juni 2019 13:56

Bahaya yang Mengintai dari Tato

Oleh reagan dalam Unik pada June 12, 2019

Bahaya yang Mengintai dari Tato

Infeksi dan alergi adalah salah dua risiko yang besar kemungkinan bakal menimpa orang-orang yang baru bikin tato. Hal ini terungkap setelah peneliti dari Jerman dan Prancis melakukan sebuah penelitian, dengan melihat hasil autopsi empat orang pengguna tato.

Hasil temuan yang dituangkan ke dalam jurnal Scientific Report menyebut bahwa partikel beracun dari tinta tato yang bisa menembus kulit dan menyebar ke seluruh tubuh menjadi dalangnya, seperti dikutip dari situs Health pada Senin, 27 Mei 2019.

Penggunaan teknologi sinar x fluorescent berhasil membantu para peneliti mengidentifikasi nano-partikel titanium dioksida di kelenjar getah bening individu tersebut. Kelenjar getah bening merpakan bagian dari sistem pembuluh limfatik yang berperan menghilangkan dan menyaring racun dari tubuh.

Para peneliti mengatakan bahwa kelenjar getah bening memang pasti akan menarik beberapa partikel tinta tato. Terbukti, para peneliti juga menemukan bahwa kelenjar getah bening empat orang pemilik tato itu membesar.

Penemuan baru ini dinilai sangat sulit. Nanopartikel yang ditemukan dalam kelenjar getah bening yang berukuran sangat kecil memiliki reaksi berbeda pada masing-masing tubuh sehingga menimbulkan ancaman kesehatan yang berbeda pula.

Bahkan, meskipun tidak dalam bentuk nanopartikel, tinta tato yang mengandung titanium dioksida, khususnya pigmen putih, memiliki kaitan dengan beberapa masalah seperti penyembuhan luka yang lama, kulit mengelupas, dan gatal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira