home -> Unik -> Dapatkah Stres Menular Ke Anjing?
27 Juni 2019 13:33

Dapatkah Stres Menular Ke Anjing?

Oleh reagan dalam Unik pada June 13, 2019

Dapatkah Stres Menular Ke Anjing?

Pemilik hewan peliharaan rupanya bisa menularkan stres mereka pada hewan kesayangan tersebut. Hal itu setidaknya berlaku bagi pemilik anjing. Sebuah studi yang dipulikasikan dalam Scientific Reports mengungkap, pemilik anjing yang mengalami stres panjang bisa membuat hewan peliharaan tersebut ikut merasakannya.

Para peneliti Swedia meneliti 58 orang yang memelihara anjing jenis border collie atau anjing gembala Shetland. Mereka meneliti rambut sang majikan serta hewan peliharaannya, mencari jejak hormon kortisol yang dilepaskan dalam aliran darah dan diserap oleh folikel rambut sebagai respons stres.

Kondisi seperti depresi, kelelahan akibat aktivitas fisik berlebih, serta pengangguran hanyalah beberapa pemicu stres yang bisa berpengaruh pada jumlah kortisol yang ditemukan di rambut. Lina Roth dari Linkoping University Swedia mengungkap hal tersebut.

Roth dan timnya menemukan bahwa pola kadar kortisol pada rambut para pemilik anjing tampak serupa dengan yang ditemukan pada anjing mereka selama musim dingin maupun panas. Hal itu menunjukkan kadar stres mereka ternyata bersinkroni.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira