home -> Unik -> Mitos Seputar Gerhana Bulan Di Seluruh Negara
21 September 2019 14:12

Mitos Seputar Gerhana Bulan Di Seluruh Negara

Oleh serba_tahu dalam Unik pada July 17, 2019

Mitos Seputar Gerhana Bulan Di Seluruh Negara

Gerhana bulan sebagian baru saja terjadi pada Rabu, 17 Juli 2019 dini hari. Fenomena ini merupakan fenomena langka dan terakhir di tahun 2019 hingga terjadi lagi di tahun 2021. Fenomena gerhana bulan ini tak hanya terlihat di Indonesia saja, namun di beberapa negara seperti Amerika, Afrika, Australia, dan beberapa wilayah lainnya. Namun ada cerita unik di balik fenomena gerhana bulan. Pasalanya, masih ada mitos yang berkembang di masyarakat dan menjadi sebuah mitos yang populer. Mengutip dari Liputan6.com, berikut sejumlah mitos yang seputar gerhana bulan.

Bulan dimakan Batara Kala. Hingga kini, mitos ini masih dipercaya oleh beberpa daerah di wilayah Jawa. Warga setempat percaya bahwa gerhana bulan adalah tanda datangnya Batara Kala. Saat bulan mulai menghilang, mereka mempercayai bahwa bulan sedang dimakan oleh Batara Kala. Warga juga akan menabuh lumpang dengan maksud untuk mengusir Batara Kala, dan biasanya para wanita hamil juga akan mengolesi perut mereka dengan abu sisa pembakaran dengan harapan melindungi sang bayi dari Batara Kala.

Bulan dimakan jaguar. Suku Inca kuno juga percaya bahwa gerhana bulan merupakan pertanda buruk yaitu saat bulan dimakan oleh Jaguar. Berdasarkan sejarah, ketakutan tersebut terjadi atas keyakinan saat bulan telah habis dimakan oleh Jaguar, maka ia akan turun ke bumi untuk memakan manusia. Oleh sebab itu, suku Inca akan membuat suara gaduh guna mengusir jaguar agar tidak turun ke bumi saat gerhana bulan terjadi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira