home -> Unik -> Cara Membantu Teman yang Depresi
08 Desember 2019 06:03

Cara Membantu Teman yang Depresi

Oleh serba_tahu dalam Unik pada October 03, 2019

Cara Membantu Teman yang Depresi

Dalam mengatasi depresi, tentu saja membutuhkan dukungan dan bantuan dari orang lain. Bentuk-bentuk dukungan yang bisa dilakukan meliputi dukungan moral, dukungan sosial, dukungan informasi, bahkan materi.

Salah satu sosok berpengaruh adalah teman, di mana seorang individu khususnya remaja menghabiskan sebagian besar waktu bersama temannya.

“Dukungan itu tidak harus yang berlebih-lebih, cukup dengan tidak mencemooh, tidak mengucilkan, tidak menggosipkan, dan mau mendengarkan. Hal itu sudah membantu untuk meyakinkan penderita depresi bahwa mereka juga punya kelebihan dan bisa melawan depresi,” jelas Hamidah.

Stigma yang terbentuk di masyarakat terkait depresi membuat sebagian besar orang malu untuk terbuka dengan kondisinya dan mencari bantuan. Terlebih, banyaknya orang yang menjadikan depresi sebagai bahan candaan semakin memperburuk kondisi mental penderita depresi.

“Sebagai seorang teman, kita bisa membantu untuk mencari informasi tentang gejala yang dirasakan oleh penderita depresi dari sumber-sumber terkait dan diarahkan untuk menghubungi profesional,” ujar Hamidah.

“Kita juga harus membantu untuk membuktikan bahwa tidak semua pikiran buruk yang dimiliki oleh penderita depresi itu benar. Bahwa mereka juga punya banyak hal-hal positif yang bisa dikembangkan,” lanjutnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira