home -> Unik -> Pilih Bodi Mulus Atau Mesin Bagus Ketika Beli Mobi...
16 Juli 2020 06:26

Pilih Bodi Mulus Atau Mesin Bagus Ketika Beli Mobil Bekas?

Oleh serba_tahu dalam Unik pada October 22, 2019

Pilih Bodi Mulus Atau Mesin Bagus Ketika Beli Mobil Bekas?

Dalam mencari mobil bekas, ada beberapa panduan yang patut dilakukan agar mendapatkan unit yang kondisinya baik. Sebab seiring usia dan pemakaiannya, mobil bekas cenderung punya banyak penyakit yang kerap merepotkan pemiliknya. Bimo Maliki, Owner Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall Lt. Basement, mengatakan saat mencari mobil bekas dahulukan unit yang kondisi bodinya bagus. Artinya bodi mobil masih mulus, tidak pernah mengalami tabrakan, dan tidak ada keropos.

“Kalau bisa cat harus original, karena cat pada mobil bekas salah satu yang berharga. Cat bawaan pabrik akan berbeda dengan cat hasil perbaikan,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. Menurutnya, cara mengecek mobil yang pernah mengalami perbaikan mobil pun terbilang mudah. Tinggal mengetuk-ngetuk bodi bagian luar dengan tangan, jika ada suara kurang nyaring bisa jadi mobil sudah pernah mengalami perbaikan. “Istilahnya sudah enggak ori, karena ada dempul di bodi. Jadi ketika diketuk tidak seperti kaleng, kalau seperti ini sudah tidak bisa dikembalikan ke kondisi aslinya,” katanya.

Selain eksterior, bagian interior mobil turut menjadi perhatian. Bimo menyarankan untuk mencari mobil yang kondisi interiornya masih standar. “Komponen interior mobil ’80-an dan ’90-an salah satu yang cukup sulit dicari, khususnya mobil Jepang, karena sudah tidak diproduksi lagi setelah discontinue,” ucap Bimo. Maka tak heran, mobil yang kondisi interiornya masih baik biasanya punya harga sedikit lebih mahal ketimbang yang kondisinya sudah termakan usia dan pemakaian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira