home -> Unik -> Perbedaan Doula Dan Bidan
02 Maret 2021 20:56

Perbedaan Doula Dan Bidan

Oleh serba_tahu dalam Unik pada January 06, 2020

Perbedaan Doula Dan Bidan

Doula dan bidan, apa sebenarnya perbedaan yang paling mendasar antara keduanya? Mengutip buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru, bidan adalah tenaga profesional kesehatan yang membantu persalinan normal layaknya dokter kandungan, sementara doule dikenal sebagai childbirth coach atau pembimbing persalinan.

Bidan punya pendidikan kebidanan resmi dan izin sah untuk melakukan praktik membantu persalinan normal. Bidan juga memiliki peran melakukan tes dan pemeriksaan fisik selama kehamilan, meresepkan vitamin hamil, hingga memonitor ibu dan bayi selama persalinan dan kelahiran. Sebagai contoh, bidan dapat melakukan pemeriksaan suhu tubuh atau tekanan darah serta melakukan pemeriksaan vaginal.

Doula tak mendapatkan pendidikan resmi. Seorang doula tak bisa melakukan kebanyakan fungsi bidan. Doula mempelajari banyak teknik holistik, selarasnya antara fisik, mental, dan spiritual dalam meyambut kelahiran bayi, seperti hypnobirthing, teknik relaksasi dan pengalihan rasa sakit, berkomunikasi dengan janin, atau memberi pijatan yang mampu memberikan rasa nyaman sekaligus merangsang kontraksi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira