home -> Unik -> Sejarah Hari April Mop
06 Juli 2020 05:11

Sejarah Hari April Mop

Oleh serba_tahu dalam Unik pada April 01, 2020

Sejarah Hari April Mop

Bulan April dikenal dengan bulan kebohongan, tepatnya pada tanggal 1 April, biasanya orang-orang akan membuat kebohongan atau lelucon yang dilakukan untuk menciptakan suatu humor.

Dilansir dari Time, tidak ada yang tahu secara pasti mengenai asal mula budaya ‘April Mop’. Beberapa ada yang menyebutkan berasal daru buku cerita, atau sebagai wujud kegembiraan di musim semi.

Ada juga dugaan bahwa tradisi membohongi orang ini berasal dari Festival Yunani-Romawi yang disebut Vernal Equinos atau awal tahun dalam kalender Julian. Festival ini biasanya dirayakan pada 25 Maret untuk menghormati Cyblele, seorang Dewa Yunani Kuno.

Dalam festival tersebut terdapat parade, pesta topeng, hingga menciptakan lelucon untuk menyambut tahun baru yang dulunya jatuh pada tanggal 1 April. Hingga pada 1582, Paus Gregorius XIII mengganti Kalender Julian menjadi Kalender Gregorian dan memindahkan momen Tahun Baru menjadi 1 Januari.

Menurut penjelasan dari beberapa pihak, banyak orang yang menolak perubahan tanggal Tahun Baru itu.  Dilansir dari Infoplease, mereka yang menolak perubahan terus merayakan momen Tahun Baru pada 1 April.

Orang-orang yang sudah mengikuti Kalender Gregorian pun mengolok-olok pihak-pihak yang masih merayakan Tahun Baru pada 1 April dengan mencoba menipu mereka untuk mempercayai sesuatu yang salah. Pada akhirnya, tradisi itu menyebar ke seluruh Eropa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira