home -> Unik -> 3 Cara Orang Tua Jepang Melatih Kedisiplinan Pada ...
05 Oktober 2022 18:09

3 Cara Orang Tua Jepang Melatih Kedisiplinan Pada Anak

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 18, 2021

3 Cara Orang Tua Jepang Melatih Kedisiplinan Pada Anak

Sudah menjadi rahasia umum, Jepang dikenal sebagai negara dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Hal ini tercermin dari perilaku mayarakat sehari-hari yang selalu menghargai waktu. Rupanya, kedisiplinan ini telah diajarkan pada anak sejak dini. Salah satu bukti kesuksesan orangtua Jepang dalam mendisiplinkan anaknya adalah jarang ditemukannya anak yang tantrum atau rewel di depan umum. Lantas seperti apa cara orangtua Jepang mendisiplinkan buah hatinya? Dikutip dari laman Savvy Tokyo, berikut rahasia kedisiplinan orang Jepang yang bisa kamu tiru.

1. Menasihati anak secara pribadi

Di Jepang sangat jarang ditemukan anak rewel di muka umum. Ternyata, ada alasan di balik fakta tersebut.

Alih-alih memarahi anak di muka umum, orangtua Jepang justru akan menasihati mereka di tempat yang tak terlihat dan privat. Orangtua jepang menarik anak dari kerumunan dan menasihatinya secara pribadi.

Hal ini dilakukan, agar orangtua dan anak tidak merasa malu. Dalam bahasa Jepang, istilah ini disebut “shitsuke” atau “pelatihan”. Perilaku ini diharapkan menjadi teladan bagi anak-anak dalam bersikap. Selain itu, cara ini dinilai lebih efektif dibanding menasihati anak di depan umum.

2. Hukum perilakunya, bukan anaknya

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orangtua dalam mendisiplinkan anak adalah menghukum anaknya, bukan perilakunya. Misalnya, ketika anak melakukan kesalahan, orangtua menghukumnya dengan cara menurunkannya dari mobil. Menurut psikolog, hal ini tidak baik dilakukan. Orangtua seharusnya menghukum perilaku buruknya, bukan anaknya.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
  • Most Popular
  • Most Commented
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira